Sabtu, 11 Juli 2020

Makanan Sehat

MAKANAN SEHAT


Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dicerna oleh tubuh dan mengandung zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebab, makanan diperlukan manusia untuk kesehatan dan sumber tenaga dalam melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari.
Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi syarat kesehatan meliputi higienis, bergizi dan seimbang. Makanan dikatakan higienis apabila makanan tidak mengandung kuman atau zat-zat yang membahayakan tubuh. Hal ini sangat berkaitan erat pada pemilihan dan proses pengolahan bahan makanan. Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah berkecukupan sesuai degan kebutuhan tubuh. Sedangkan makanan seimbang adalah makanan yang kebutuhan jumlah gizi di sesuaikan dengan golongan usia, jenis kelamin, kesehatan dan aktifitas fisik.


Syarat Makanan Sehat
  1. Didalam pemberian makanan yang sehat pada balita mempunyai beberapa kriteria yaitu:
  2. Memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi sesuai dengan umur.
  3. Susunan hidangan disesuaikan dengan pola menu seimbang , bahan makanan yang tersedia setempat kebiasaan, dan selera terhadap makanan
  4. Bentuk dan porsi makanan disesuaikan dengan daya terima, toleransi, dan keadaan bayi atau anak
  5. Memperhatikan kebersihan perorangan dan lingkungan

Kandungan Gizi dan Gizi Seimbang pada Makanan
Mengonsumsi pola makan yang seimbang merupakan sudah anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang.Dimana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu.
Pengertian gizi seimbang ialah penjabaran makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Penting untuk diketahui, kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian, dan lainnya.
Makanan seimbang yang dimaksud haruslah memiliki kandungan zat gizi yang meliputi: Karbohidrat, Protein, Vitamin dan Mineral, lemak dan serat.
1. Karbohidrat
Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena zat inilah yang memiliki peran penting sebagai penopang sumber tenaga utama untuk kegiatan sehari-hari tubuh manusia. Zat karbohidrat terdapat pada makanan:
a. Tepung-tepungan
Penting adanya untuk senantiasa mengonsumsi salah satu makanan sumber tepung-tepungan setiap kali makan. Contohnya: nasi, kentang mie, ubi, singkong, dan lainnya. Bila tubuh mengalami ketidakcukupan zat karbohidrat, maka gejala paling awal yang paling mudah didapati adalah tubuh terasa lebih cepat lelah karena kekurangan tenaga dari biasanya.

b. Gula
Gula bisa didapat pada makanan, antara lain: gula pasir, gula merah, gula batu, sirup, madu dan kue manis. Namun perlu diwaspadai, pola konsumsi gula perlu dibatasi.Meninjau karena zat gula tidak memiliki kandungan zat gizi lainnya kecuali karbohidrat. Dengan demikian kebanyakan gula hanya akan mengakibatkan kegemukan pada tubuh.

2. Lemak
Banyak yang belum mengetahui, bahwasanya lemak merupakan sumber tenaga juga, namun karena bentuknya lebih memakan waktu dan sulit diserap oleh tubuh.Lemak merupakan zat yang bersifat sebagai cadangan energi bagi tubuh.Lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi gemuk.Lemak terdapat pada minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek dan lemak hewan lainnya

3. Protein
Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh dan mengganti jaringan yang rusak pada tubuh. Jelas sekali kebutuhan zat protein sudah mutlak dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Protein terdapat pada: Ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe serta kacang-kacangan.

4. Vitamin dan Mineral
Seperti telah diketahui bersama, vitamin dan mineral memiliki fungsi untuk membantu melancarkan kinerja tubuh.Vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

5. Serat
Serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh, diantara lain:
a.    Membantu menurunkan glukosa darah
b.    Membantu menurunkan lemak darah
c.    Melancarkan buang air besa
d.    Membuat perut terasa lebih kenyang
e.    Serat terdapat pada jenis makanan seperti, roti gandum, buah, sayuran segar, kacang-kacangan, tahu, tempe dan lain-lain.


Untuk lebih jelas lagi dapat mempelajari video berikut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar