Rabu, 28 Mei 2014

RPP kelas 4 tema 2 pembelajaran 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan           :  SD N Pelita Bangsa 
Kelas/Semester                 :  IV/1
Tema                                 :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                         :  Pemanfaatan Energi
Alokasi Waktu                 :  15 menit
Pertemuan                                    :  ke-3

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2   Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6   Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat


IPA
3.4   Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6   Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Bahasa Indonesia
3.1   Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah  kosakata baku
4.1   Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.    INDIKATOR
PJOK
·         Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan
IPA
·         Menjelaskan pemanfaatan energi alternatif (matahari)
Bahasa Indonesia
·         Menuliskan informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari)

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2.      Setelah membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energi dengan matahari.
3.      Setelah kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari).

E.     MATERI
PJOK
Mempraktikkan kegiatan kebugaran jasmani dengan melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan dan kaki
IPA
Membaca teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan
Bahasa Indonesia
Membuat poster bertemakan hemat energi

F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan           : Student Center
Strategi                  : Cooperative Learning
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Ceramah, Demonstrasi

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru mengisi daftar hadir siswa.
3.      Guru melakukan apersepsi.
5 menit
Inti
1.      Guru mengajak siswa ke lapangan untuk melakukan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2.      Siswa diajak masuk ke dalam kelas dan diarahkan untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakan di lapangan.
3.      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil analisis di depan kelas.
4.      Guru mengkonfirmasi jawaban siswa.
5.      Siswa diminta untuk membuat poster yang bertemakan hemat energi.
6.      Siswa diminta untuk membaca teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan.
7.      Guru mengkonfirmasi jawaban siswa dan menambahkan informasi tambahan tentang materi tersebut.
8.      Guru memberikan pertanyaan perenungan seperti yang ada pada buku siswa halaman 51.
5 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.
2.      Guru mengakhiri pelajaran dengan doa dan salam.
5 menit

H.    SUMBER DAN MEDIA
1.      Buku siswa
2.      Bahan untuk membuat poster (kertas hvs dan alat pewarna)

I.       PENILAIAN
1.      Daftar periksa PJOK
Keterangan
Sudah
Belum
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar.


Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.


Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan.



2.      Daftar periksa IPA
Kriteria
Sudah
Belum
Siswa dapat menjelaskan tentang maksud dari salah satu energi alternatif yaitu matahari.


Siswa dapat menjelaskan tentang manfaat dari energi matahari.


Siswa dapat mengungkapkan alasan apakah energi alternatif itu lebih menguntungkan/tidak dibanding energy yang ada.



3.      Rubrik unjuk kerja Bahasa Indonesia
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu Berlatih Lagi
Bahasa
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta mandiri saat mengerjakannya.






(4)
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, tetapi belum sepenuhnya mandiri saat mengerjakan-nya.



(3)
Siswa dapat membuat
dan menggunakan
bahasa
ajakan yang tepat,
tetapi belum
informatif dan
belum sepenuhnya
mandiri saat
mengerjakan-nya.
(2)
Siswa belum dapat
membuat dan
menggunakan bahasa
ajakan yang tepat
dan belum informatif
serta belum mandiri
saat mengerjakan-nya.
(1)

Siswa dapat
membuat
gambar yang
sesuai dengan
kalimat yang
dibuat, serta
ukuran yang
seimbang dengan
bidang kertas.




(4)
Siswa dapat
membuat gambar
yang sesuai dengn
kalimat yang
dibuatnya, tetapi
ukuran gambar
masih belum
sesuai dengan
bidang kertas.
(3)
Siswa belum dapat
membuat gambar
yang sesuai dengan
kalimat yang
dibuat, walaupun
ukuran gambar
sesuai dengan
bidang kertas.
(2)
Siswa belum dapat
membuat gambar
yang sesuai dengan
kalimat yang dibuat
serta ukuran gambar
belum sesuai dengan
bidang kertas.
(1)

Siswa dapat
menuliskan
dan mewarnai
gambar dengan
rapi serta
menarik dan
dapat menjaga
kebersihan
kertas kerja.







(2)
Siswa dapat
menuliskan dengan
rapi dan mewarnai
gambar tidak
melebihi garis
gambar, tetapi
dalam menjaga
kebersihan kertas
kerja belum
maksimal (kotor
dan coretan).
(1,5)
Siswa dapat
menuliskan dengan
rapi, tetapi dalam
mewarnai belum
rapi dan kebersihan
kertas kerja
belum terjaga.





(1)
Siswa belum dapat
menuliskan dengan
rapi dan dalam
mewarnainya pun
masih melebihi
garis gambar, serta
kebersihan kertas
kerja belum terjaga.
(0,5)
                  Catatan: centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian = total nilai  x 100  
                        10                                                                   
Contoh penilaian = 4 + 3 + 1,5  x 100 = 85
                                    10

4.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu, tekun, dan bertanggung jawab, terbuka).
Terlampir di buku guru halaman 151




Yogyakarta, Mei 2014
Guru Kelas IV



(Dyah Maya Rikawati)
NPM. 12144600151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar