Selasa, 31 Desember 2013

vitamin



Vitamin untuk Kesehatan Kita

Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N.
Vitamin merupakan senyawa kimia yang terdapat dalam makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Ada juga yang berpendapat vitamin adalah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan, energi, dan fungsi saraf.
Jadi vitamin adalah senyawa kimia berupa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin sangat bermacam-macam. Manfaatnya pun juga bermacam-macam. Berikut adalah manfaat serta macam-macam vitamin.
Untuk Kesehatan Mata
Wortel. Di dalam wortel banyak terkandung vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata dan kulit. Bahkan bisa mencegah infeksi serta mempercepat pertumbuhan badan kita. Jadi, kalau kita kekurangan vitamin A kita akan mudah sakit mata. Kulit pun akan menjadi pecah-pecah dan bila luka mudah infeksi. Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara.
Selain terdapat pada wortel, vitamin A juga terkandung dalam bayam, kangkung, tomat, pepaya, dan pisang. Juga pada makanan yang mengandung lemak seperti susu, mentega, hati, telur, dan ikan.

Supaya Tidak Busung Lapar

Vitamin B. Vitamin B banyak jenisnya. Yaitu dari vitamin B1 sampai B12. Apabila semuanya digabung akan menjadi vitamin B kompleks. Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh kita untuk mencegah penyakit busung lapar dan beri-beri. Selain itu juga bermanfaat bagi perkembangan saraf, pencernaan makan, dan pertumbuhan badan.
Vitamin B banyak terdapat pada nasi, kacang-kacangan, daging, telur, ikan, hati, dan susu. Karena vitamin B terdapat pada nasi, jadi saat kita mencuci beras sebelum dimasak sebaiknya jangan meremas-remas terlalu keras. Ini supaya air yang warnanya putih seperti susu itu tidak banyak terbuang. Soalnya saying, soalnya vitamin B banyak terdapat pada air beras yang putih itu.

Agar Tidak Sariawan Dan Flu
Untuk mencegah sariawan dan flu, sebaiknya kita banyak makan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Misalnya jeruk, tomat, jambu biji, pisang, kiwi, lemon, dan strawberry. Apalagi yang sudah matang langsung dari pohonnya. Selain dari sayur dan buah-buahan, vitamin C juga bias kita dapatkan pada daging, terutama hati.
Ternyata selain dapat mencegah sariawan dan flu, vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita. Terkait dengan sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas, vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker, dapat diturunkan. Selain itu, vitamin C berperan dalam menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh, seperti otot. Vitamin ini juga berperan dalam penutupan luka saat terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan lebih dari infeksi mikroorganisme patogen. Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Tubuh Menjadi Kuat
Vitamin D. Fungsi vitamin D dalam tubuh kita adalah menjaga kesehatan tubuh dan kekuatan tulang. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami kerusakan tulang dan pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Di samping itu, gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan. Penyakit lainnya adalah osteomalasia, yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja, sedangkan pada manula, penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi berlebihan.
Banyak makanan yang mengandung vitamin D, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju. Namun, ternyata vitamin D juga bias dihasilkan secara alami oleh tubuh kita. Caranya yaitu dengan bantuan sinar matahari, ternyata lapisan bawah kulit kitabisa menghasilkan vitamin D. Jadi jika ingin tulang kita sehat dan kuat sebaiknya kita sering berjemur di bawah matahari pagi.
Merawat Kesehatan dan Kehalusan Kulit
Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Vitamin E sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit kita. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami. Vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, rebung, toge, dan minyak tumbuh-tumbuhan. Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.
Kalau Luka Cepat Sembuh
Dalam tubuh kita, vitamin K berfungsi untuk mempercepat pembekuan darah yang keluar dari luka dan pembentukan sistem peredaran darah yang baik. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan. Selain itu, vitamin K juga berperan sebagai kofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat. Oleh karena itu, kita perlu banyak mengonsumsi susu, kuning telur, tomat, kol dan sayuran segar lainnya yang merupakan sumber vitamin K yang baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh. Selain itu, ternyata vitamin K juga bapat dibuat oleh bakteri-bakteri di usus kita.

Jadi, jika ingin tubuh kita menjadi sehat, kuat, cerdas, dan terhindar dari segala macam penyakit, kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar