LK 3.1
Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan
Dampak) Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
A. Identitas Best Practice
Lokasi : SD Negeri Ngrukeman (Rukeman, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I.Yogyakarta)
Lingkup Pendidikan : SD (Sekolah Dasar)
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
Penulis : Dyah Maya Rikawati, S.Pd
Tanggal : 6 Desember 2022
B.
Situasi
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
1. Peserta didik kurang fokus dan
semangat dalam mengikuti pembelajaran;
2. Pembelajaran belum berpusat pada
peserta didik;
3. Guru belum menggunakan media
pembelajaran yang inovatif;
4. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran;
dan
5. Guru belum menerapkan model
pembelajaran inovatif.
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena sebagian
besar guru mengalami permasalahan yang serupa. Sehingga praktik ini diharapkan
dapat memotivasi diri saya sendiri dan orang lain. Selain itu, diharapkan bisa
menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan guru lain dalam mengatasi
permasalahan yang serupa.
Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru
mempunyai tanggung jawab
untuk melakukan proses pembelajaran secara
inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan menggunakan
media, metode, dan model pembelajaran
yang tepat sehingga
tujuan pembelajaran dapat tercapai
sesuai yang diharapkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik
pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
C.
Tantangan
Tantangan terbesar
yang dihadapi saat pelaksanaan praktik yaitu:
1. Pemilihan media pembelajaran inovatif yang tepat dan menarik bagi
peserta didik;
2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik
merasa tertarik dan antusias dalam pembelajaran;
3. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik
peserta didik dan materi pembelajaran; dan
4. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut, tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru
dalam hal kompetensi yang dimiliki guru, yaitu kompetensi pedagogik dan
profesional. Sementara dari peserta didik adalah motivasi belajar.
D.
Aksi
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:
1. Pemilihan media pembelajaran
inovatif
a. Strategi yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang
inovatif dalam bentuk quizizz “Keberagaman Budaya di Indonesia”.
b. Proses pembuatan media pembelajaran dilakukan oleh guru sendiri dengan
mempelajari materi yang akan diajarkan, membuat pertanyaan-pertanyaan
berdasarkan materi, merancang desain quizizz, dan membuat media dengan quizizz.
c. Sumber daya yang diperlukan yaitu pengetahuan guru dalam menggunakan
aplikasi quizizz dan perangkat laptop.
2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif
a. Strategi yang dilakukan
dengan menggunakan metode tanya jawab, penugasan, diskusi, dan permainan.
b. Proses pemilihan metode
dengan mempelajari berbagai macam metode pembelajaran. Kemudian memahami
karakteristik peserta didik dengan melihat kemampuan peserta didik dan memahami
karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang ada di buku
paket.
c. Sumber daya yang diperlukan
yaitu pemahaman guru mengenai berbagai macam metode pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran.
3. Pemilihan model pembelajaran
a. Strategi yang dilakukan
dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL), yaitu membuat mind
mapping mengenai keberagaman budaya yang ada di Indonesia.
b. Proses pemilihan model
pembelajaran dengan mempelajari berbagai model pembelajaran dan memahami
karakteristik peserta didik serta materi pembelajaran.
c. Sumber daya yang diperlukan
yaitu pemahaman guru mengenai berbagai macam model pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran.
4. Meningkatkan motivasi belajar
peserta didik
a. Strategi yang dilakukan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan merancang
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam hal ini, guru merancang
modul ajar dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik.
b. Proses pengembangan modul
ajar dengan menentukan kegiatan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam
pembelajaran, sehingga pembelajaran akan berpusat pada peserta didik.
c. Sumber daya yang diperlukan
yaitu pemahaman guru dalam pembuatan modul ajar dan kreativitas guru dalam
merancang kegiatan pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi lebih aktif
dalam pembelajaran.
E. Refleksi Hasil dan dampak
Dampak dari
pembelajaran yang telah
dilaksanakan adalah
1. Penggunaan media quizizz
sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena
peserta didik menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
2. Pemilihan metode pembelajaran
yang bervariasi sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran.
3. Pemilihan model pembelajaran
yang inovatif seperti PjBL sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan kreatif peserta didik.
4. Desain kegiatan yang berpusat
pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam
pembelajaran sehingga peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar.
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah senang
dan antusias. Hal ini dapat dilihat pada refleksi akhir dalam praktik
pembelajaran bahwa peserta didik merasa senang mengikuti pembelajaran dan
sangat tertarik mengikuti pembelajaran dengan media quizizz. Selain itu, dapat
dilihat dari setiap peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dan
antusias menyelesaikan proyek mind mapping yang dibuat dalam kelompok.
Setiap peserta didik dapat menyelesaikan sesuai tugasnya masing-masing.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan
guru dalam mengembangkan media, penerapan metode, model, dan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan.
Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah
dilakukan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media,
metode, dan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
sesuai dengan apa yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar