RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD N
Pelita Bangsa
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Selalu
Berhemat Energi
Sub
Tema : Pemanfaatan Energi
Alokasi
Waktu : 15
menit
Pertemuan : ke-3
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
PJOK
3.2 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
C. INDIKATOR
PJOK
·
Mempraktikkan berbagai aktivitas
kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta
kelenturan
IPA
·
Menjelaskan pemanfaatan energi
alternatif (matahari)
Bahasa
Indonesia
·
Menuliskan informasi tentang pemanfaatan
energi alternatif (matahari)
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan aktivitas kebugaran
jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta
kelenturan.
2. Setelah
membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energi dengan matahari.
3. Setelah
kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang pemanfaatan
energi alternatif (matahari).
E. MATERI
PJOK
Mempraktikkan
kegiatan kebugaran jasmani dengan melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan
dan kaki
IPA
Membaca
teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi
bacaan
Bahasa Indonesia
Membuat
poster bertemakan hemat energi
F. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Student Center
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Ceramah, Demonstrasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa.
2.
Guru mengisi daftar hadir siswa.
3.
Guru melakukan apersepsi.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru mengajak siswa ke lapangan untuk melakukan
latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2.
Siswa diajak masuk ke dalam kelas dan diarahkan
untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakan di lapangan.
3.
Siswa diminta untuk menyampaikan hasil analisis di
depan kelas.
4.
Guru mengkonfirmasi jawaban siswa.
5.
Siswa diminta untuk membuat poster yang bertemakan
hemat energi.
6.
Siswa diminta untuk membaca teks tentang energi
alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan.
7.
Guru mengkonfirmasi jawaban siswa dan menambahkan
informasi tambahan tentang materi tersebut.
8.
Guru memberikan pertanyaan perenungan seperti yang
ada pada buku siswa halaman 51.
|
5
menit
|
Penutup
|
1.
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.
2.
Guru mengakhiri pelajaran dengan doa dan salam.
|
5
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
siswa
2. Bahan
untuk membuat poster (kertas hvs dan alat pewarna)
I. PENILAIAN
1. Daftar
periksa PJOK
Keterangan
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa mampu
melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar.
|
|
|
Siswa mampu
bekerja sama dengan teman pasangannya.
|
|
|
Siswa mampu
mengikuti aturan saat kegiatan.
|
|
|
2. Daftar
periksa IPA
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
Siswa dapat
menjelaskan tentang maksud dari salah satu energi alternatif yaitu matahari.
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan
tentang manfaat dari energi matahari.
|
|
|
Siswa dapat
mengungkapkan alasan apakah energi alternatif itu lebih menguntungkan/tidak
dibanding energy yang ada.
|
|
|
3. Rubrik
unjuk kerja Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu Berlatih Lagi
|
Bahasa
|
Siswa dapat
membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta
mandiri saat mengerjakannya.
(4)
|
Siswa dapat
membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, tetapi belum
sepenuhnya mandiri saat mengerjakan-nya.
(3)
|
Siswa dapat
membuat
dan
menggunakan
bahasa
ajakan yang
tepat,
tetapi belum
informatif dan
belum
sepenuhnya
mandiri saat
mengerjakan-nya.
(2)
|
Siswa belum
dapat
membuat dan
menggunakan
bahasa
ajakan
yang tepat
dan belum
informatif
serta belum
mandiri
saat mengerjakan-nya.
(1)
|
|
Siswa dapat
membuat
gambar yang
sesuai dengan
kalimat yang
dibuat, serta
ukuran yang
seimbang
dengan
bidang kertas.
(4)
|
Siswa dapat
membuat gambar
yang sesuai
dengn
kalimat yang
dibuatnya,
tetapi
ukuran gambar
masih belum
sesuai dengan
bidang kertas.
(3)
|
Siswa belum
dapat
membuat gambar
yang sesuai
dengan
kalimat yang
dibuat,
walaupun
ukuran gambar
sesuai dengan
bidang kertas.
(2)
|
Siswa belum
dapat
membuat gambar
yang sesuai
dengan
kalimat yang
dibuat
serta ukuran
gambar
belum sesuai
dengan
bidang kertas.
(1)
|
|
Siswa dapat
menuliskan
dan mewarnai
gambar
dengan
rapi serta
menarik dan
dapat menjaga
kebersihan
kertas kerja.
(2)
|
Siswa dapat
menuliskan
dengan
rapi
dan mewarnai
gambar tidak
melebihi garis
gambar, tetapi
dalam menjaga
kebersihan
kertas
kerja belum
maksimal
(kotor
dan coretan).
(1,5)
|
Siswa
dapat
menuliskan
dengan
rapi,
tetapi dalam
mewarnai
belum
rapi
dan kebersihan
kertas
kerja
belum terjaga.
(1)
|
Siswa belum
dapat
menuliskan dengan
rapi dan dalam
mewarnainya
pun
masih melebihi
garis gambar,
serta
kebersihan
kertas
kerja belum terjaga.
(0,5)
|
Catatan:
centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian = total
nilai x 100
10
Contoh penilaian = 4 +
3 + 1,5 x 100 = 85
10
4. Penilaian
sikap (rasa ingin tahu, tekun, dan bertanggung jawab, terbuka).
Terlampir
di buku guru halaman 151
Yogyakarta,
Mei 2014
Guru
Kelas IV
(Dyah
Maya Rikawati)
NPM.
12144600151
Tidak ada komentar:
Posting Komentar